Senin, 25 November 2013

Cerita Tradisional

Cerita Tradisional

Definisi Dongeng
  1. Dongeng adalah cerita sederhana yang tidak benar-benar terjadi, misalnya kejadian-kejadian aneh zaman dahulu. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur. Melalui dongeng, nilai, kepercayaan, dan adat masyarakat juga dapat tercermin. Dongeng termasuk cerita tradisional adalah cerita yang disampaikan secara turun-temurun. Ada beberapa jenis dongeng seperti fabel, biasa, lelucon.
  • Fabel (Dongeng Binatang) adalah dongeng yang mengandung pendidikan tentang perbuatan baik dan buruk.  Tokoh fabel adalah binatang. Semua binatang tersebut berperilaku sebagai manusia dang mengambarkan watak serta budi pekerti manusia. Contoh: Dongeng Kancil dan Buaya.
  • Dongeng Biasa adalah Dongeng tantang tokoh yang mengalami suka dan duka. Cerita dongeng biasa dapat kita temui dalam cerita bawang putih dan bawang merah.
  • Dongeng Lelucon adalah dongeng lucu tentang tokoh tertentu misalnya si kabayan dari jawa barat, leabi malang dari melayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...