Sabtu, 20 Agustus 2016

MENSTRUASI

Pada usia remaja, seorang wanita pasti akan mengalami masa ini, yaitu menstruasi. MENSTRUASI atau haid yaitu pengeluaran darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak.

Biasanya menstruasi dimulai antara umur 10-16 tahun, tergantung berbagai faktor termasuk kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh. menstruasi berlangsung kira-kira sekali sebulan sampai wanita mencapai usia 45-50 tahun, tergantung pada faktor kesehatan dan pengaruh lainnya.

Panjang rata-rata periode menstruasi adalah 28 hari. panjang periode tersebut berbeda-beda pada setiap wanita, bahkan dari bulan satu ke bulan berikutnya kadang berbeda.

Pada permulaan periode, lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal. Lapisan ini berperan sebagai penyokong bagi janin yang sedang tumbuh. hormon memberi sinyal pada telur di dalam indung telur untuk mulai berkembang. tak lama kemudian, sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai bergerak menuju tuba falopi terus ke rahim. bila telur tidak dibuahi oleh sperma, lapisan rahim akan berpisah dari dinding uterus dan mulai luruh serta akan dikeluarkan melalui vagina. periode pengeluaran darah ini yang disebut dengan periode menstruasi, yang berlangsung antara tiga sampai tujuh hari. Bila seorang wanita hamil, maka periode menstruasi akan berhenti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...