Jumat, 17 April 2015

A. MENULIS PUISI DENGAN BANTUAN CATATAN PRIBADI/PENGALAMAN

Pertama, buatlah sebuah catatan berdasrkan pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman yang diceritakan orang lain. catatan inilah yang adakan dijadikan untuk menulis puisi. Hal yang perlu diingat adalah catatan atau bahan yang digunakan untuk menulis puisi harus sesuai dengan tema puisi yang akan ditulis.

  siang tadi, saat kita bertemu, aku sempat menatap matamu. Namun, Kali ini berbeda. Matamu yang biasanya bersinar, siang tadi terlihat redup.Aku Hanya melihat sebuah tatapan kosong

Kedua, buanglah kalimat yang kurang penting. Sisakan hanya kalimat yang kira-kira layak untuk sebuah puisi.

saat kita bertemu, aku sempat menatap matamu. Aku merasakan ada sesuatu yang hilang dimatamu. Aku hanya menemukan sepi disana

Ketiga, buanglah kata-kata yang kurang penting, sisakan hanya kata-kata dan kalimat yang kira-kira yang layak dijadikan puisi.

saat aku menatap matamu. Aku merasakan ada sesuatu yang hilang. Aku menemukan sepi disana.

Keempat, susunlah baris-baris tersebut berdasarkan kalimat. satu baris tidak boleh lebih dari satu kalimat.

saat aku menatap matamu.
aku merasakan ada sesuatu yang hilang.
aku menemukan sepi disana

Kelima, padatkan lagi baris-baris kalimat tersebut dengan cara kembali membuang kata-kata yang diangap tidak perlu, atau cari kata-kata lain yang kiranya lebih tepat dan memiliki makna yang sama atau hampir sama. ubahlah susunan bila perlu dilakukan dan buang tanda baca yang kirannya tidak perlu.
saat kutatap matamu
terasa ada sesuatu yang hilang 
di sana

Keenam, beri judul. jika puisi dirasa sudah memuaskan.dari uriam diatas dapat ditarik judul "Kulihat Sepi dimatamu"

"Kulihat Sepi dimatamu"
 
saat kutatap matamu
terasa ada sesuatu yang hilang 
di sana
 
B. Penerapan Pembelajran Menulis Puisi dengan Bantuan Catatan Pribadi/ Pengalaman

Langkah 1, Buatalah sebuah puisi berdasarkan cerita/ catatan pribadi setelah selesai kumpulkan pada gurumu.

Langkah 2, Tulislah sebuah cerita/catatan pribadi berdasarkan pengalaman yang menarik dalam hidupmu. Setelah itu, tulislah sebuah puisi berdasarkan apa yg kamu tulis, itu semua sebagai pekerjaan rumah dan kumpulkanlah, pertemuan berikutnya akan dinilai oleh guru

langkah 3, Bagilah kelasmu menjadi beberapa kelompok, siswa disruh untuk diskusi menentukan puisi mana yg akan dipakai. setelah itu salah satu dari kelompok itu disuruh maju untuk membacakan puisinya.
Semua kegitan dikoordinasi oleh guru kalian akan dinilai. adapun penilaian berdasarkan keaktifan saat berdiskusi, penampilan perwakilan dari kelompok tersebut yg bertugas membcakan puisi. serta kekompakan dan kerja sama tiap angota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...