Sabtu, 18 April 2015

PERBEDAAN SINOPSIS, ABSTRAK, DAN SIMPULAN

SINOPSIS

sinopsis merupakan ringkasan cerita dengan mengutamakan alur atau plot yang tepat dan menarik dari suatu cerpen, novel, atau drama. Sinopsis tidak dimaksudkan untuk kegiatan mengapresiasi karya sastra, kegiatan mengapresiasi sastra tidak cukup dengan hanya membaca sinopsisnya saja, sebab sinopsis hanya mengungkapan alur cerita. 
Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis sinopsis;
  • alur atau jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis, tepat sesui dengan alur aslinya.
  • Bahasa yang digunakan harus mengutamakan aspek persuasif / ajakan.
  • Penulis sinopsis harus bisa memberikan rangsangan kepada pembaca untuk membaca naskah aslinya.
  • penulis harus bisa dan mampu menampilkan hal-hal yang menarik pada karya sinopsisnya.

ABSTRAK

Abstrak adalah bagian ringkas suatu uraian yang merupakan gagasan utama dari sesuatu pembahasan yang akan diuraikan. Abstrak digunakan untuk memahami urian yang akan disajikan dalam suatu karangan terutama untuk memahami ide-ide dan masalahnya. Abstrak ditempatkan diawal suatu laporan/artikel ilmiah dengan tujuaan agar pembaca yang mempunyai waktu relatif sedikit cukup hanya dengan membaca abstraknya untuk memahami suatau karya ilmiah. Abstrak ditulis setelah judul, dan nama pengarang yang diketik satu spasi. Abstrak harus mewakili isi karangan ilmiah secara keseluruan, mulai dari latar belakang, metode, dann hasil penelitian.
 Hal Yang perlu diperhatikan dalam menulis abstrak;
  • Abstrak harus menjadi penghubung antara pembaca dan penulis, tentang materi yang yang diungkapkan dalam karangan ilmiah
  • Abstrak harus dapat mengungkapkan keseluruan isi materi yang diuraikan secara lengkap.
  • Abstrak harus dapat emnutun pembaca (Mengondisikan pembaca) Terhadap urian materi secara lengkap.
  • Abstrak Merupakan ide pokok suatu uriain. Abstrak harus dapat membuat pembaca tertarik dan terdorong ras ingin tahunya. 
  KESIMPULAN/SIMPULAN

Simpulan adalah bagian ringkas yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicranya dengan memberikan penekanan pada ide sentral serta penyelesaian dari permasalahan yang diungkapkan. Simpulan ditempatkan bagian akhir suatau karangan sebagai inti dari semua urian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...