Sabtu, 18 April 2015

RAGAM BAHASA JURNALISTIK 

Bahasa Jurnalistik adalah bahasa yang digunakan untuk menulis naskah atau berita di media komunikasi massa, seperti majalah, koran sekolah dan mading, majalah minguan, surat kabar, tabloid. Ragam bahasa jurnalistik adalah ragam bahasa yang digunakan dalam komunikasi massa, sebagaimana tampak dalam majalah, koran dan mading, surat kabar. Bahasa jurnalistik yang baik adalah sesui dengan norma-norma tata bahasa, yang antara lain terdiri atas susunan kalimat yang benar dan pilihan kata yang cocok.

Sastrawan dan wartawan senior H.Rosian Anwar berpendapat, bahwa ragam bahasa jurnalistik adalah ragam bahasa yang digunakan oleh seseorang (wartawan) yang memiliki ciri khas singkat, padat, sederhana, lancar, lugas, menarik. Ragam bahasa jurnalistik tidak mengabaikan kebakuan kalimat, kaidah tata bahasa, dan ejaan. Dalam penggunan kosa kata Ragam bahasa jurnalistik harus mengikuti perkembangan bahasa masyarakat.

Ciri Ragam Bahasa Jurnalistik:
  1. Ringkas, Penulis harus hemat kata, kata-kata mubazir harus dihilangkan. Kata mubazir yang dimaksud adalah kata yang apabila tidak dipakai, tidak akan menggangu arti dan apabila dihilangkan tidak akan mengubah makna.
  2. Jelas, Ragam bahasa jurnalistik hendanya selalu menggunakan kata-kata yang jelas maknanya sehingga mudah dipahami pembaca. agar tulisan lebih jelas hindari singkatan yang membingungkan, hindari kalimat ambigu, kata asing juga perlu dihindari, kecuali kata tersebut tidak ada padananya dalam bahasa indonesia.
  3. Tertib, Penulis harus patuh pada aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku dalam menulis berita, tertib mengenai penggunaan bahasa,susunan kata, prioritas, dan sebagainya. 
  4. Singkat, penulis hendaknya menggunakan kalimat yang singkat. masalah penggunan tanda baca dalam kalimat harus benar-benar diperhatikan. Kalimat yang singkat akan mempermudah pembaca dalam menaksirkan isi tulisan. 
  5. Menarik, Kiat menulis berita dengan menarik; hindari ungkapan klise, hindari hal yang monoton.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...