Sabtu, 18 April 2015

SEJARAH PERKEMBANGAN RETORIKA

Lima hukum Retorika (The Five Canons of Rhetoric).
Pertama, Inventio (penemuan) Pada tahap ini pembicara mengelnali topik dan meneliti khalyak unutk mengetahui metode persuasi yang paling tepat. Dalam tahap ini, juga pembicara merumuskan tujuan dan mengumpulkan bahan (argumen) yang sesui dengan kebutuhan khalayak.

Arietoteles menyebutkan tiga cara untuk mempengarhui manusia:
  1. Ethos, Anda harus sanggup menunjukkan, anda memiliki pengetahuan yang luas, kepribadian terpercaya, dan status yang terhormat.
  2. Pathos, Anda harus menyentuh hati khalayak: perasaan, emosi, harapan, kebencian, dan kasih sayang mereka.
  3. Logos, Anda meyakinkan khalayak dengan bukti atau yang kelihatan sebgai bukti.
Disamping itu ada 2 cara yang efektif untuk mempengaruhi pendengar:
  1. Entimen, Sejenis silogisme yang tidak lengka, tidak untuk mengahsilakan pembuktian ilmiah, tetapi untuk menimbulkan keyakinan. Silogisme terdiri dari 3: Mayor, Minor, Kesimpulan.
  2. Contoh, dengan menggunakn contoh, secara induktif anda mendapat kesimpulan umum.
 Kedua, Desposito (penyusunan) pada tahap ini pembicara menyusun pidato atau mengorganisasikan pesan.Pesan harus dibagi kedalam beberapa bagian meliputi: pengantar, pernyataan argumen, dan epilog.


Ketiga, Elocutio (Gaya), Pembicara harus memilih kata-kata dan menggunakan bahasa yang tepat untuk "mengemas" Pesan. Aristoteles memberikan nasihat: gunakan bahasa yang tepat, benar, dan dapat diterima, Pilih kata-kata yang jelas dan dan langsung,

Keempat, Memoria (memori), pembicara harus mengingat apa yang ingin disampaiakannya dengan mengatur bahan-bahan pembicaraannya. Aristoteles menyarankan menggunakan Jembatan Keledai untuk memudahkan ingatan.

Kelima, Pronuntiatio (Penyampaian), pembicara menyampaikan pesan secara lisan, akting sangat perlu digunakan. pembicara harus memperhatian olah suara dan gerakan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...