Selasa, 23 Agustus 2016

CLODI (Cloth Diaper) Babyland

Cloth Diaper atau yang lebih dikenal dengan clodi adalah popok kain modern yang gunanya hampir sama dengan popok sekali pakai, tapi dapat dicuci ulang dan dapat dipakai lagi.

Alasan mengapa memilih memakai clodi?
1. karena clodi lebih aman dan sehat dibandingkan popok sekali pakai, yang mengandung bahan kimia yang tidak aman untuk bayi.
2. mengurangi limbah sampah yang dihasilkan oleh popok sekali pakai, karena bahan dari popok sekali pakai sulit mengurai.
3. lebih hemat, kenapa demikian? karena clodi bisa dipakai untuk bayi new born hingga usia 2 tahun, atau berat bayi antara 5 sampai 15 kg. Jadi tidak perlu berkali-kali membeli popok sekali pakai. Cukup sekali membeli clodi, bisa dipakai sampai 2 tahun, bahkan bisa diturunkan ke anak selanjutnya. hehehe...
4.  clodi mudah dicuci, sama dengan popok kain lainnya.
5. motif clodi juga bermacam-macam, fashionable.

Inilah salah satu sampel merk clodi, saya menggunakan merk babyland, selain terjangkau, motif-motifnya juga lucu.
1. Cover














2. Bagian dalam cover














3. Pocket adalah kantung untuk meletakkan insert















4. Insert (Insert yang saya gunakan adalah insert microfiber, selain itu juga masih ada bahan insert lainnya, gunanya untuk soaker atau penampung air kencing). Bentuknya hampir sama seperti handuk.














Cara Penggunaan clodi

1. Untuk penggunaan pertama kali, clodi perlu di pre wash minimal 3 kali, hal ini bertujuan agar daya serap insert lebih maksimal.
2. Setelah kering, clodi tidak perlu disetrika, jadi bisa langsung dipakai.
3. Untuk pemakaian, bisa disesuaikan ukurannya, yaitu dengan mengatur kancing-kancing yang ada pada cover. jadi bisa disesuaikan dengan ukuran badan bayi.
4. Masukkan insert ke dalam pocket, lalu kenakan pada bayi.

Kapan clodi harus diganti?
Clodi harus diganti, jika bayi pup, ini pasti hehe, Selanjutnya clodi sebaiknya diganti setidaknya setiap 4 jam sekali agar tidak lembab pada inner nya. Selain itu agar tidak terjadi ruam popok.Tapi, jika bayi jarang pipis, clodi bisa digunakan hingga 10 jam.

Cara mencuci
1. Keluarkan insert dari pocket. Jika ada pup, semprot dengan menggunakan kran sampai pupnya hilang, usahakan jangan sering merendam clodi karena akan membuat clodi cepat rusak, jadi sebaiknya rajin-rajin dicuci agar awet.
2. Jika pup sudah hilang, beri deterjen yang tidak mengandung pewangi atau pemutih, karena akan mengurangi daya serap insert.
3. Kucek sedikit, tapi jangan disikat, lalu peras, jangan diplintir, setelah itu jemur di bawah sinar matahari.
4. Setelah kering, clodi siap dipakai kembali, tidak perlu disetrika.

Nah begitulah sedikit pengetahuan tentang clodi, hemat, sehat, dan aman, mari berclodi moms.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...