Sabtu, 27 Agustus 2016

Pengetahuan Umum tentang Lampung

Gambaran Umum

Luas Provinsi Lampung adalah 35.376,50 km. Provinsi Lampung terletak di ujung selatan pulau Sumatera. Jumlah kabupaten kota di Lampung pada tahun 2009 memiliki 14 kabupaten kota, yaitu:

1. Kota Bandar Lampung
2. Kota Metro
3. Kabupaten Lampung Selatan
4. Kabupaten Pesawaran
5. Kabupaten Tanggamus
6. Kabupaten Pringsewu
7. Kabupaten Lampung Timur
8. Kabupaten Lampung Tengah
9. Kabupaten Lampung Utara
10. Kabupaten Lampung Barat
11. Kabupaten Tulang Bawang
12. Kabupaten Tulang Bawang Barat
13. Kabupaten Mesuji
14. Kabupaten Way Kanan


Adat Istiadat Lampung

Secara garis besar adat istiadat suku lampung terbagi ke dalam dua kelompok adat, yaitu adat istiadat Pepadun dan adat istiadat Saibatin. Adat istiadat Pepadun dianut oleh orangorang lampung yang tempatnya meliputi daerah Abung, Way Kanan, Sungkai, Tulang Bawang, dan Pubian. Sehingga kelompok adat Pepadun adalah Pubian Telu Suku, Abung Sewo Mego, Tulang Bawang Mego Pak, Sungkai dan Way Kanan. Sedangkan adat istiadat Saibatin dianut oleh orang lampung yang tempatnya meliputi daerah di sepanjang pesisir pantai teluk Lampung, Teluk Semangka, dan Peminggir Krui Belalau, yaitu: Krui, Peminggir Semaka, Peminggir Pemnggilan, Peminggir Teluk, Melinting, Meninting, Komering, Ranau, dan Cikoneng.

Masyarakat adat lampung memiliki rumah adat yang disebut dengan Sesat Agung. Fungsi dari rumah sesat ini adalah sebagai tempat pelaksanaan upacara adat, kegiatan kesenian serta kegiatan sosial lainnya.

Masyarakat adat lampung memiliki ciri kegiatan adat yang disebut dengan Begawi Adat dan keseniannya disebut Cangget. Begawi Adat merupakan tata cara masyarakat adat lampung dalam memperoleh gelar adat atau kedudukan di lingkungan sosialnya. Sedangkan Cangget adalah kesenian yang diadakan pada saat kegiatan begawi adat berlangsung. Dalam pelaksanaan begawi adat, setiap penyimbang atau tokoh masyarakat dari unsur kebudayaan dan marganya datang dan hadir untuk mengikuti upacara adat tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...