Sabtu, 27 Agustus 2016

Menulis Paragraf

Paragraf terdiri atas beberapa kalimat, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibagi menjadi 3 bagian yaitu paragraf deduktif, paragraf ineratif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

1. Paragraf Deduktif

Yang dimaksud dengan paragraf deduktif adalah paragraf yang pada awal paragraf terdapat kalimat utama/umum dan di akhir paragraf terdapat kalimat-kalimat penjelas/khusus. Dengan kata lain kalimat utama terletak pada awal paragraf.

2. Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di tengah paragraf, dan pada awal dan akhir paragraf terdapat beberapa kalimat penjelas. Lebih singkatnya pada paragraf ineratif kalimat utama terletak di tengah paragraf. 

3. Paragraf Induktif

Yang dimaksud dengan paragraf induktif adalah paragraf yang pada awal paragraf terdapat kalimat-kalimat penjelas dan di akhir paragraf terdapat kalimat utama. Dengan kata lain kalimat utama terletak pada akhir paragraf.

4. Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan kembali di akhir paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...