Kamis, 13 Oktober 2016

Perawatan Wajah dengan Buah

Cara untuk mendapatkan kecantikan wajah adalah dengan cara merawatnya, terutama dengan masker, baik yang buatan ataupun secara alami dengan menggunakan berbagai jenis buah-buahan. Banyak jenis buah yang bisa digunakan untuk membuat masker, dan untuk menggunakannya juga cukup mudah. Berikut beberapa buah yang baik untuk dijadikan masker wajah.

1. Stroberi
 

Buah merah asam ini banyak mengandung asam salisilat, yang merupakan salah satu jenis asam beta hidroksi yang membantu mencegah kulit, silica, vitamin B, C, E, dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, maka stroberi baik dipakai untuk hampir semua jenis kulit.

Cara menggunakannya pada wajah yaitu dengan cara haluskan buah, kemudian usapkan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Untuk mendapat efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial frankincense.

2. Alpukat













Alpukat kaya akan asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah. Untuk kulit wajah kering, haluskan daging alpukat matang, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas. Untuk kulit normal, tambahkan putih telur yang dikocok kasar. Bagi kulit lembab perlu ditambah madu, kemudian aduk rata dengan daging alpukat yang telah dihaluskan dan putih telur kocok.


3. Anggur














Buah ini kaya akan trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yang warnanya berbeda, dapat dugunakan lotion. Perlu diperhatikan bahwa jus anggur yang telah dibuat harus disaring terlebih dulu.  Oleskan pada wajah anggur yang sudah disaring pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah 20 menit, bilas dengan air mawar. Lotion anggur dapat digunakan setiap hari, karena baik untuk semua jenis kulit.


4. Lemon














Lemon mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Sangat baik untuk kulit berminyak, namun lotionnya juga bekerja efektif pada kulit normal. Dapat digunakan setiap hari. Tambahkan satu sendok teh perasan air lemon pada putih telur kocok. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.


5. Pepaya













Buah pepaya mengandung karoten, pectin, galaktosa, dan I arabisona, papain, papaya, timin papain, dan fitokinase. Buah pepaya bisa digunakan untuk mengurangi jerawat.


6. Tomat
















Tomat mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Berguna untuk menghaluskan wajah, caranya ambil tomat yang sudah matang, lalu iris dan gosokkan pada wajah. Atau, bisa juga buah tomat diperas, kemudian air perasannya dioleskan setiap hari ke wajah. 


7. Pisang












Pisang mengandung serotin, pektin, tanin, noradrenalin, hidroksitritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B komplek, dan C. Sebagai pelembab kulit wajah, ambil pisang amboon yang sudah masak, lalu haluskan, tambahkan minyak zaitun. Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai bedak.


8. Jeruk Nipis
















Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat. Untuk mencegah kriput, iris jeruk nipis, lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan satu sendok makan minyak kayu putih dan seperempat sendok kapur sirih, aduk sampai rata. Gunakan sebagai bedak setiap malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...