KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Perbedaan
Metode Kuantitatif dan Metode Kualitatif
No
|
Metode
Kuantitatif
|
Metode
Kualitatif
|
1
|
a.
Desain
·
Spesifik, Jelas, Rinci
·
Ditemukan secara mantap sejak awal
·
Menjadi pegangan langkah demi langkah
|
a.
Desain
·
Umum
·
Fleksibel
·
Berkembang, dan mucul dalam proses penelitian
|
2
|
b.
Tujuan
·
Menunjukan hubungan antar variable
·
Menguji teori
·
Mencari generalisasi yang mempunyai nilai
prediktif
|
b.Tujuan
·
Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
·
Menemukan teori
·
Mengambarkan realitas yang kompleks
·
Memperoleh pemahaman makna
|
3
|
c.Teknik
Pengumpulan data
·
Kuesioner
·
Observasi dan wawancara terstrukur
|
c.Teknik
Pengumpulan data
·
Participant observation
·
In depth interview
·
Dokumentasi
·
Tringulasi
|
4
|
d.instrumen
penelitian
·
Test, angket, wawancara tersetruktur
·
Instrument yang telah terstandar
|
d.
instrument penelitian
·
Peneliti sebagai isntrumen
·
Buku catatan, tape recorder, camera, handycam, dan
lain-lain
|
5
|
e.Data
·
Kuantitatif
·
Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan
dengan menggunakan instrumen
|
e.Data
·
Deskriptif kualitatif
·
Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan
tindakan responden, dokumen lain-lain
|
6
|
f.Sampel
·
Besar
·
Representatif
·
Sedapat mungkin random
·
Ditentukan sejak awal
|
f.Sampel
·
Kecil
·
Tidak representative
·
Purposive, snowball
·
Berkembang selama proses penelitian
|
7
|
g.Analisis
·
Setelah selesai pengumpulan data
·
Deduktif
·
Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
|
g.
analisis
·
Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian
·
Induktif
·
Mencari pola, model, thema, teori
|
8
|
h.hubungan
dengan responden
·
Dibuat berjarak bahkan sering tanpa kontak supaya
obyektif
·
Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
·
Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
|
h.Hubungan
dengan Responden
·
Empti, akrab supaya memperoleh pemahaman yang
mendalam
·
Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsultan
·
Jangka lama, smapai datanya jenuh, dapat ditemukan
hipotesis atau teori
|
9
|
i.Usulan
desai
·
Luas dan rinci
·
Literature tang berhubungan dengan masalah dan variable
yang diteliti
·
Prosedur yang spesifik dan rinci
langkah-langkahnya.
·
Masalah dirumuskan dengan spesifik yang jelas
·
Hipotesis dirumuskan dengan jelas
·
Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke
lapangan
|
i.Usulan
Desain
·
Singkat, Umum bersifat sementara
·
Literatur yang digunakan bersifat sementara tidak
menjadi pegagngan utama
·
Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan
tour/piknik
·
Masalah bersifat sementara akan ditemukan setelah
studi pendahuluan
·
Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan
hipotesis
·
Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data
awal dari lapangan
|
10
|
j.Kapan
Penelitian diangap selesai?
Setelah
semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
|
j.Kapan
Penelitian diangap selesai?
Setelah
tidak ada data yang diangap baru/jenuh
|
11
|
k.Kepercayaan
Trehadap hasil Penelitian
pengujian
validitas dan reliabilitas instrumen
|
k.Kepercayaan
Trehadap hasil Penelitian
pengujian
kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
|
Prof. Dr. Sugiyono (23-24) Metode Penelitian
Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar