Kamis, 16 April 2015



KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Perbedaan Metode Kuantitatif dan Metode Kualitatif

No
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
1
a.  Desain
·      Spesifik, Jelas, Rinci
·      Ditemukan secara mantap sejak awal
·      Menjadi pegangan langkah demi langkah

a.    Desain
·         Umum
·         Fleksibel
·         Berkembang, dan mucul dalam proses penelitian
2
b.      Tujuan
·           Menunjukan hubungan antar variable
·           Menguji teori
·           Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
b.Tujuan
·         Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
·         Menemukan teori
·         Mengambarkan realitas yang kompleks
·         Memperoleh pemahaman makna

3
c.Teknik Pengumpulan data
·         Kuesioner
·         Observasi dan wawancara terstrukur
c.Teknik Pengumpulan data
·         Participant observation
·         In depth interview
·         Dokumentasi
·         Tringulasi

4

d.instrumen penelitian
·           Test, angket, wawancara tersetruktur
·           Instrument yang telah terstandar
d. instrument penelitian
·         Peneliti sebagai isntrumen
·         Buku catatan, tape recorder, camera, handycam, dan lain-lain
5
e.Data
·         Kuantitatif
·         Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen
e.Data
·         Deskriptif kualitatif
·         Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen lain-lain
6
f.Sampel
·           Besar
·           Representatif
·           Sedapat mungkin random
·           Ditentukan sejak awal
f.Sampel
·         Kecil
·         Tidak representative
·         Purposive, snowball
·         Berkembang selama proses penelitian
7
g.Analisis
·           Setelah selesai pengumpulan data
·           Deduktif
·           Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
g. analisis
·         Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian
·         Induktif
·         Mencari pola, model, thema, teori
8
h.hubungan dengan responden
·                Dibuat berjarak bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif
·                Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
·                Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
h.Hubungan dengan Responden
·           Empti, akrab supaya memperoleh pemahaman yang mendalam
·           Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsultan
·           Jangka lama, smapai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
9
i.Usulan desai
·           Luas dan rinci
·           Literature tang berhubungan dengan masalah dan variable yang diteliti
·           Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya.
·           Masalah dirumuskan dengan spesifik yang jelas
·           Hipotesis dirumuskan dengan jelas
·           Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
i.Usulan Desain
·         Singkat, Umum bersifat sementara
·         Literatur yang digunakan bersifat sementara tidak menjadi pegagngan utama
·         Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour/piknik
·         Masalah bersifat sementara akan ditemukan setelah studi pendahuluan
·         Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis
·         Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan
10
j.Kapan Penelitian diangap selesai?
Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
j.Kapan Penelitian diangap selesai?
Setelah tidak ada data yang diangap baru/jenuh
11
k.Kepercayaan Trehadap hasil Penelitian
pengujian validitas dan reliabilitas instrumen
k.Kepercayaan Trehadap hasil Penelitian
pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
                                                     Prof. Dr. Sugiyono (23-24) Metode Penelitian Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CELENGAN DAN TUYUL

Halo-halo para blogger atau para reader.. Kali ini sayang tidak akan berbagi tips atau berbagi ilmu crafting, tapi kali ini saya akan berc...